Situ Patenggang

Mar 17, 2014   //   by admin   //   Sewa Elf Bandung Pangandaran Murah  //  Comments Off

detikTravel Community –  

Danau Patenggang atau lebih dikenal dengan  Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda.  Situ berarti danau, sedangkan patengan atau patenggang berasal dari kata pateangan-teangan yang berarti saling mencari-cari.

Konon, ada seorang pangeran bernama Raden Indrajaya dan seorang putri bernama Dewi Rengganis yang saling mencintai. Namun karena keadaan, keduanya terpaksa berpisah. Keduanya dilanda kesedihan berkepanjangan, sampai-sampai air mata mereka berdua menggenang dan membentuk sebuah situ atau danau.

Kawasan wisata yang sangat kental dengan nuansa percintaan ini terletak di  Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Luasnya yang mencapai sekitar 150 hektar dan keindahan alamnya mampu menyihir setiap wistawan yang datang ke tempat ini.  Hamparan hijau kebun the Rancabali dan Kawasan Hutan Pinus Patengan yang asri dan sejuk, serta matahari yang hangat memberikan kesan damai dan ketenangan bagiwisatawan yang berkunjung.

Objek wisata alam ini memiliki banyak keistimewaan dan daya tarik yang dapat menarik para wisatawan untuk mengunjunginya.  Kisah cinta Dewi Rengganis dan pangeran masih dapat dirasakan oleh setiap pengunjung melalui peninggalan-peninggalan yang ada di lokasi, seperti batu cinta dan Pulau Asmara atau Pulau Saka. Batu cinta merupakan tempat bertemunya kembali pasangan ini. Sedangkan Pulau Asmara atau Pulau Saka berasal dari perahu yang dibuat oleh pangeran untuk mengelilingi danau bersama Dewi Rengganis yang kemudian berubah menjadi sebuah pulau berbentuk hati.

Cuplikan artikel ini diambil dari detik.com, baca selengkapnya di: http://travel.detik.com/read/2012/01/20/172853/1821379/1032/situ-patenggang

 

Comments are closed.

Call Now ButtonCall Customer Service Kami